Cara Kerja Rem Tromol Mobil dan Tips Supaya Pakem

Cara Kerja Rem Tromol Mobil dan Tips Supaya Pakem – Teknologi pengereman pada mobil semakin berkembang  dari yang pertama model rem tromol hingga sekarang sudah mengguanakn rem cakram. Tak sampai disitu sekarang rem cakram juga sudah menggunakan teknologi ABS dan EBD. Tetapi mobil keluaran zaman sekarang masih ada yang menggunakan rem model tromol karena memang dari segi harga lebih murah daripada yang menggunakan disk brake.

Untuk kepakeman pengereman antara model tromol atau drum brake ini jika dibanding rem disk brake maka rem tromol yang kalah. Karena saat digunakan terus menerus rem akan menjadi panas, nah rem tromol memiliki bentuk yang model tertupup sehingga panas yang ada tidak bisa cepat hilang sehingga kinerja rem akan berkurang. Berbeda jauh dengan model diskbrake yang memiliki rotor cakram yang berada diluar dengan beberapa lubang untuk membuang panas saat pengereman dan dalam hal pendinginan lebih optimal sehingga rem menjadi lebih pakem.

memperbaiki rem tromol mobil kurang pakem

Cara Kerja Rem Tromol Mobil

Beberapa komponen penting yang ada pada rem tromol mobil sebagai berikut :

bagian-bagian pada rem tromol

bagian-bagian pada rem tromol

  • Kanvas rem dan sepatu rem

Bagian ini berperan untuk menghentikan putaran yang ada pada tromol rem.

Advertisement
  • Tromol rem

Bagian ini sebagai penahan putaan saat pengereman.

  • Silinder roda

Bagian ini berfungsi sebagai alat penekan pada sepatu rem.

  • Per pengembali

Tugasnya mengembalikan piston saat rem diangkat agar sistem pengereman berhenti.

Lalu apakah anda  tahu bagi anda pemiliki mobil dengan sistem rem tromol bagaimana cara kerjan sebenarnya? Simak dibawah ini agar lebih jelas.

  1. Saat anda menginjak pedal rem pada mobil anda maka piston silinder yang berada pada silinder rem akan bergerak menekan tromol atau drum brake dan sepatu rem.
  2. Ketika tuas handbrake (rem tangan) ditarik maka cable rem akan bergerak mendorong keluar sepetu rem dan mengunci gerakan tromol agar gerakan roda berhenti.

Sebaiknya untuk setingan jarak antara sepatu rem dan tromol juga diperhatikan jangan terlalu jauh karena nantinya rem tidak akan pakem saat dibutuhkan pengereman. Sebaliknya, kira sepatu rem terlalu dekat dengan tromol maka roda akan seret berputar dan rem terlalu pakem. Untuk celah antar roda kiri dan kanan  juga harus dihitung secara cermat agar nantinya saat pengereman akan seimbang antara roda kanan dan kiri sehingga salah satu tidak akan tertarik kearah yang lain.

Demikian pembahasan mengenai cara kerja rem tromol mobil.

Terima kasih

TAG

rem tromol mobil,rem tromol,cara memperbaiki rem tromol mobil supaya lebih pakem,gambar bagian bagian rem tromol innova,gambar rem tromol mobik,rem tromol mobil tidak pakem,komponen pada sistem rem tromol,komponen rem tromol,nama bagian bagian pada rem tromol (drum brake),piston penekan rem tromol mobil

Artikel Terkait

Cara Kerja Rem Tromol Mobil dan Tips Supaya Pakem | Eril Obeit Choiri | 4.5