Cara Charger Aki Kering Sendiri Mudah

Cara Charger Aki Kering Sendiri Mudah – Seringkali, banyak orang dipusingkan mengenai bagaimana cara charger aki kering sendiri terutama, bagi setiap orang yang memiliki masalah dengan aki mereka karena, sudah habis. Untuk hal ini, anda tidak bisa sembarangan dalam melakukan hal tersebut karena, kesalahan charging dapat berakibat fatal yakni, kerusakan total pada aki kering anda sehingga, anda perlu membeli yang baru. Walaupun terlihat sulit, bukan berarti anda tidak bisa melakukan proses charging tersebut karena, ada salah satu cara yang bisa anda lakukan yakni membuat charger aki sendiri. Hal ini terkesan rumit tapi, anda hanya membutuhkan beberapa bahan yang bisa anda siapkan sendiri dirumah sehingga, hal ini tentunya sangat membantu terutama jika aki kering anda habis dan tentunya hal tersebut bisa menimbulkan efek berbahaya bagi sepeda motor anda.

Cara Charger Aki Kering Sendiri Mudah

Beberapa hal tentang cara charger aki kering sendiri

Untuk cara charger aki kering sendiri, anda tentunya perlu mempersiapkan beberapa bahan untuk membuat charger dari aki otomatis tersebut agar membantu anda dalam melakukan proses charging. Berikut ini, ada beberapa bahan yang perlu anda siapkan :

Advertisement
  • Trafo
    Trafo sendiri berfungsi sebagai penyuplai yang dapat memberikan daya listrik untuk aki anda nantinya. Untuk trafo, anda tidak perlu memilih trafo dengan daya yang terlalu besar karena, anda hanya perlu memilih trafo dengan daya yang kecil yakni sekitar 5 ampere dan dengan daya keluaran sebesar 12 Volt. Trafo tersebut sudah cukup untuk membantu anda dalam melakukan proses charging.
  • Dioda
    Bahan lainnya yang perlu anda butuhkan untuk proses charger adalah dioda. Dioda berfungsi sebagai penyeimbang arus karena, trafo sendiri merupakan barang yang bersifat arus bolak balik dan aki sendiri bersifat searah. Agar memiliki kesamaan sifat dalam arus, dioda berfungsi sebagai penyeimbang.
  • Kapasitor
    Barang lainnya yang perlu anda persiapkan sebelum berpindah ke sesi cara charger aki kering sendiri adalah kapasitor. Kapasitor memang tidak memiliki fungsi sepenting 2 barang sebelumnya namun, kapasitor sendiri berfungsi untuk meratakan arus.
  • Amperemeter
    Amperemeter berfungsi untuk mengetahui besaran daya dalam proses pengisian.

Untuk proses pembuatan charger otomatis bagi aki, hal ini tentunya sangat mudah karena, anda hanya tinggal menghubungkan beberapa barang diatas. Setelah menggabungkannya, anda tinggal menggunakan capit untuk melakukan proses charging pada aki kering anda. Hal ini tentunya sangat mudah mengingat, anda bisa melakukannya dimanapun dan tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar hanya untuk membeli aki yang baru karena, hal ini sudah ditanggulangi dengan cara charger aki kering sendiri yang sudah anda ketahui dan tentunya bisa anda lakukan sendiri dirumah sehingga, anda tidak perlu bingung dalam melakukan hal tersebut.

TAG

cara cas aki kering,cara charge aki kering sendiri,cara ngecas aki kering,cara mengecas aki kering,cara cas aki kering sendiri,cara charge aki kering,cara charger aki kering,cara cas aki motor kering,Cas aki kering,cara ngecas aki kering sendiri

Artikel Terkait

Cara Charger Aki Kering Sendiri Mudah | Neng Gina Nurhidayati | 4.5