Apa Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Overheat

Apa Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Overheat – Masih banyak yang kurang memahami sumber penyebab dan cara mengatasi mesin overheat. Hal ini karena ada-ada saja orang yang membiarkan mesin hidup terus, bahkan malah dipaksa terus berjalan. Akibatnya benar-benar fatal, mesin bisa mati total bahkan sampai terbakar dan melukai Anda sendiri. Hal buruk seperti ini tentu jangan sampai Anda alami bukan?

Overheating adalah suatu kondisi mesin tak bisa bekerja secara normal yang disebabkan oleh suhu kerja mesin berada di atas suhu normal mesin kendaraan. Pemicu suhu tinggi mesin mobil disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kerusakan radiator, bocornya slang radiator, thermostat, ketakwajaran fan, dan ketakwajaran water pump. Overheat biasanya terjadi saat melakukan perjalanan jauh. Dapat dilihat dari jarum indikator yang akan bergerak ke arah kanan (tanda mesin segera mati).

penyebab dan cara mengatasi mesin overheat

Cara Mengatasi Mesin Overheat

Sumber penyebab dan cara mengatasi mesin overheat

Advertisement

Inilah pentingnya kita mengetahui sumber penyebab dan cara mengatasi mesin overheat. Banyak sumber penyebabnya dan harus tepat menanganinya. Misalnya saja, setelah ditelusuri, sumber penyebabnya adalah radiator panas. Periksa volume air di dalam radiator. Periksa upper tank dan lower tank. Terutama pada type radiator yang berbahan dasar plastik. Hal ini disebabkan karena bahan plastik ini mudah rapuh dan mengalami retak-retak sehingga memicu kebocoran air radiator. Bagian upper tank dan sisi paling atas radiator biasanya gampang rusak karena sering terkena air panas dari mesin.

Periksa juga kondisi tutup radiator karena ada bagian karet yang secara alami akan mengalami kerusakan atau terjadi pengerasan. Akibatnya, air yang sedianya untuk pendingin mesin keluar dari radiator tanpa melalui tabung reservoir. Cara mengatasinya, tinggal mengganti tutup radiator yang baru.

Sumber penyebab lainnya yaitu tersumbatnya radiator mobil. Akibatnya, air radiator tak bisa mengalir dengan lancar. Titik penguapan air pun menjadi rendah. Air yang diiskan ke dalam radiator akan cepat menyusut lantaran penguapan melalui reservoir. Cara mengatasinnya air radiator cepat habis, pakai radiator coolant untuk mobil Anda.

Overheating bisa disebabkan pula selang radiator pecah atau klem yang kurang kencang. Ini berarti saatnya slang radiator mobil Anda sudah waktunya diganti. Kerusakan selang radiator ditandai dengan mulai terasa ada pengerasan saat dipegang dengan tangan. Selain itu terasa tak lentur dan terdengar ada bunyi bila ditekan atau diketuk.

Overheating disebabkan oleh kotornya kipas untuk jenis mesin yang memakai motor cooling fan atau kipas radiator. Kecepatan gerak sirip berkurang karena terjadi lekukan pada sirip kipas. Akibatnya beban listrik pun bertambah.

Itulah penyebab dan cara mengatasi mesin overheat yang kerapkali terjadi pada mobil kita. Alangkah baiknya selalu periksa semua kondisi mobil Anda sebelum menempuh perjalanan jauh.

Artikel Terkait

Apa Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Overheat | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5