4 Penyebab Power Steering Cepat Rusak

Berikut ini beberapa hal penyebab power steering cepat rusak, antara lain: jarang diservis, kekurangan pelumas, tekanan ban rendah, dan kondisi roda jelek atau tak seimbang. Pada saat roda dalam keadaan normal, roda kemudi akan berputar secara fleksibel dan nyaman. Namun, terkadang dijumpai alami gangguan, bisa saja butuh energi yang lebih untuk melakukan putaran yang membuat tak nyaman untuk mengemudikan mobil. Pada saat-saat inilah power steering alami kerusakan.

Beberapa hal penyebab power steering cepat rusak

  1. Cairan power steering rendah

Salah satu permasalahan utama yang sering membuat power steering rusak. Seringkali ditemui jumlah cairan telah berkurang sehingga besar gaya yang dihasilkan tak memadai untuk menggerakan piston. Roda kemudi akan terasa berat dan power steering tak bisa untuk memutar roda depan. Padahal cairan yang berfungsi normal akan memberikan tekanan terhadap piston di dalam rack dan pinion.

penyebab power steering cepat rusakPenyebab Power Steering Cepat Rusak

Advertisement

Cairan power steering terletak di sekitar silinder reservoir, berdekatan dengan salah satu ujung power steering belt. Bisa saja terbuat dari plastik atau logam. Pada level yang tepat, cairan akan berwarna merah tua, bila ditemukan warnanya terlalu gelap berarti harus diganti.

  1. Power steering belt rusak

Sistem kerja power steering didukung oleh power steering belt yaitu berfungsi untuk memulai dan untuk berhenti melakukan putaran. Komponen ini paling rentan dan paling mudah rusak. Bisa saja karena terputus, longgar, rusak, atau lainnya. Bila sampai rusak, maka power steering tak bisa dioperasikan kembali.

  1. Rack (rak) kemudi rusak

Rack kemudi adalah bagian dari rack dan pinion. Bagian utama dari kemudi mobil yang bekerja sama dengan sistem power steering. Bagian ini memiliki umur sehingga akan rusak dan aus pada waktunya. Saat rusak, kemudi akan sulit dikendalikan. Ini bisa dicoba saat pertama kali dinyalakan. Tapi, masalah ini bisa hilang dengan sendirinya saat mobil dihidupkan. Hal ini terjadi karena saat mobil hangat, otomatis rack juga panas, pelumas terdistribusi merata sehingga kerja power steering akan lebih mudah.

  1. Tekanan ban rendah

Power steering tak nyaman dipakai bisa pula disebabkan oleh tekanan udara pada ban terlalu rendah. Beri tekanan udara sesuai standar pabrikan mobil. Tekanan udara yang terlampau rendah menjadikan kemudi terasa kaku.

Itulah beberapa penyebab power steering cepat rusak dan solusi yang bisa diambil oleh pemilik kendaraan. Bila Anda tak memiliki keahlian memperbaikinya, bawalah ke bengkel langganan Anda.

Artikel Terkait

4 Penyebab Power Steering Cepat Rusak | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5